Pendahuluan :
Sebelum memasuki materi ada lebih baiknya untuk memperhatikan dua
perbedaan yang mendasar. Yaitu, perbedaan antara hamzah dengan alif al-layinah.
Hamzah senantiasa menerima semua harakat baik itu harakat
berbaris fathah contoh أَجَابَ , dhamah
contoh أُجِيْبُ ataupun kasrat إِجَابَةٌ. Dan hamzah juga ada yang terletak di awal kalimah
contoh إِكْرَامٌ،
أُسْرَةٌ، أَخَذَ, pertengahan kalimah
contoh : سَئِمَ، ضَؤُلَ , سَأَلَ dan
akhir kalimah contoh : شَاطِئٌ، تَكَافُؤٌ بَدَأَ. Sedangkan alif al-layinah
ada pemanjangan suara pada saat ia berada setelah huruf yang berharakat fathah.
Dan ia tidak bisa menerima harakat sebagaimana hamzah contoh alif al-layinah
dipertengahan kalimah قَالَ، سَاعَةٌ، بَابٌ contoh di akhir kalimah : دَعَا، رَمَى، مُصْطَفَى،
مُسْتَشْفَى. oleh sebab itu mesti
dikira-kira harakat i’rabnya manakala terleteak di akhir kalimah.
الهَمْزَةُ
فِي أَوَّلِ الْكَلِمَةِ
Hamzah di awal kalimah
ada dua : hamzah al-washal dan hamzah al-qatha’.
A.
Hamzah al-washal
Hamzah al-washal Ialah hamzah yang dirangkaikan dengan huruf sukun
setelahnya.
1.
Hamzah al-washal ialah hamzah yang ditulis bentuknya di dalam
kalimah namun tidak dibaca, contoh : مُحَمَّدُ اجْتَهَدَ
dibaca dengan
menggabungkan dua kalimah dalam satu ucapan. Kecuali apabila terletak di
permulaan kalimah contoh : اِجْتَهَدَ مُحَمَّدٌ
dibaca dengan harakat kasrah
2.
Hamzah
al-washal ditulis dengan alif saja (ا) tampa ada hamzah (ء) baik di atas alif (أ) maupun di bawahnya (إ).
3.
Apabila
hamzah al-istifham masuk pada kalimah yang diawali dengan hamzah al-washal
yang berbaris kasrah. Maka, hamzah al-washal dibuang baik secara bacaan
maupun tulisan. Contoh:
Hasil
|
Hamzah al-istifham
|
Hamzah al-washal (kasrah)
|
أَسْتَغْفَرْتَ اللهَ ؟ =
|
+ أَ
|
اِسْتَغْفَرْتَ اللهَ
|
Apakah kamu telah meminta ampun kepada Allah
|
Apakah
|
Kamu telah meminta ampun kepada Allah
|
= أَسْمُهُ عَلِيٌ ؟
|
+ أَ
|
اِسْمُهُ عَلِيٌ
|
Apakah namanyah Ali
|
Apakah
|
Namanya Ali
|
4.
Apabila
hamzah al-istifham masuk pada kalimah yang diawali dengan hamzah
al-washal yang berbaris fathah maka maka ia di tulis dengan alif al-maddah.
contoh :
Hasil
|
Ditambah
hamzah al-istifham
|
Hamzah al-washal (fathah)
|
= آللهُ أَذِنَ لَكُمْ
|
+ أَ
|
اَللهُ أَذِنَ لَكُمْ
|
Apakah
Allah telah mengijinkan kalian ?
|
apakah
|
Allah telah mengijinkan kalian
|
Tempat-tempat hamzah al-washal
Di dalam isim :
1.
10 isim
berikut :
Perempuan
|
امْرَأَةٌ :
|
Nama
|
اسْمٌ :
|
اسْتٌ :
|
Anak lk
|
ابْنٌ :
|
|
Dua
|
اثْنَانٌ :
|
Anak pr
|
ابْنَةٌ :
|
Dua
|
اثْنَتَانِ :
|
ابْنَمٌ :
|
|
ايْمُنُ اللهِ
:
|
Seseorang
|
امْرُؤٌ :
|
2.
Masdar fi’il al-khumasi. Contoh :
Kesepakatan
|
اتِّفَاقٌ :
|
Persatuan
|
اتِّحَادٌ :
|
Senyuman
|
ابْتِسَامٌ :
|
Perbedaan
|
اخْتِلَافٌ :
|
Keikutsertaan
|
اشْتِرَاكٌ :
|
Penantian
|
انْتِظَارٌ :
|
Simpanan
|
ادِّخَارٌ :
|
Permulaan
|
ابْتِدَاءٌ :
|
Akhir
|
انْتِهَاءٌ :
|
Keselarasan
|
ائْتِلَافٌ :
|
Ujian
|
امْتِحَانٌ :
|
Pertemuan
|
اجْتِمَاعٌ :
|
3.
Masdar
fi’il as-sudasi. Contoh :
Kesimpulan
|
اسْتِدْلَالٌ
:
|
Panggilan
|
اسْتِخْرَاجٌ
:
|
Persiapan
|
اسْتِعْدَادٌ
:
|
Penyerapan
|
اسْتِيْعَابٌ
:
|
Kemerdekaan
|
اسْتَقْلَالٌ
:
|
Konsultasi
|
اسْتِشَارَةٌ
:
|
Pengagungan
|
اسْتِحْسَانٌ
:
|
Penerimaan
|
اسْتِقْبَالٌ
:
|
Stabilitas
|
اسْتَقْرَارٌ
:
|
Di dalam fi’il :
1.
Madhi
al-khumasi. Contoh :
Berbeda pendapat
|
اخْتَلَفَ :
|
Memulai
|
ابْتَدَأَ :
|
Berkumpul
|
اجْتَمَعَ :
|
Menyimpan
|
ادَّخَرَ :
|
Menguji
|
امْتَحَنَ :
|
Mempersatukan
|
اتَّحَدَ :
|
Menyelaraskan
|
ائْتَلَفَ :
|
Menyesuaikan
|
اتَّفَقَ :
|
Berpartisipasi
|
اشْتَرَكَ :
|
Selesai
|
انْتَهَى :
|
Menunggu
|
انْتَظَرَ :
|
Tersenyum
|
ابْتَسَمَ :
|
2.
Madhi
as-sudasi. Contoh :
Berisi
|
اسْتَوْعَبَ
:
|
Menjadi stabil
|
اسْتَقَرَّ :
|
Meminta keluar
|
اسْتَخْرَجَ
:
|
Menyukai
|
اسْتَحْسَنَ
:
|
Berkonsultasi
|
اسْتَشَارَ :
|
Memperoleh kemerdekaan
|
اسْتَقَلَّ :
|
Bersiap-siap
|
اسْتَعَدَّ :
|
Menyimpulkan
|
اسْتَدَلَّ :
|
Menerima
|
اسْتَقْبَلَ
:
|
3.
Amr al-khumasi. Contoh :
Simpanlah
|
ادَّخِرْ :
|
Ikutsertalah
|
اشْتَرِكْ :
|
Selsaikanlah
|
انْتَهِ :
|
Tersenyumlah
|
ابْتَسِمْ :
|
Mulailah
|
ابْتَدِئْ :
|
Kumpulkanlah
|
اجْتَمِعْ :
|
Tunggulah
|
انْتَظِرْ :
|
Sepakatlah
|
اتَّفِقْ :
|
Persatukanlah
|
اتَّحِدْ :
|
4.
Amr as-sudasi. Contoh :
Simpulkanlah
|
اسْتَدِلَّ :
|
Terimalah
|
اسْتَقْبِلْ
:
|
Keluarkanlah
|
اسْتَخْرِجْ
:
|
Isikanlah
|
اسْتَوْعِبْ
:
|
Jadikanlah stabil
|
اسْتَقِرَّ :
|
Mintalah meredeka
|
اسْتَقِلَّ :
|
5.
Amr ats-tsulasi. Contoh :
Mohonlah
|
ادْعُ :
|
Bukalah
|
افْتَحْ :
|
Tulislah
|
اكْتُبْ :
|
Larilah
|
اجْرِ :
|
Sebutlah
|
اذْكُرْ :
|
Duduklah
|
اجْلِسْ :
|
Di dalam huruf :
1.
Alif
al-lam pada saat isim ma’rifah.
Contoh :
Allah
|
اللهُ :
|
Partisipan
|
الْمُشْتَرِكُ
:
|
Murid
|
التِّلْمِيْذُ
:
|
Rumah
|
الْبَيْتُ :
|
Yang
|
الَّذِي :
|
Pengembala
|
الرَّاعِي :
|
Sekolah
|
الْمَدْرَسَةُ
:
|
Yang
|
الَّتِي :
|
Yang terdahulu
|
السَّابِقُ :
|
B.
Hamzah al-qatha’
Hamzah al-qatha adalah hamzah
yang ditulis dan dibaca bentuknya di manapun ia berada.
1.
Hamzah
al-qatha ditulis dengan alif yang di
atasnya terdapat hamzah (أ) jika berharakat
fathah dan dhamah dan di tulis dengan alif yang di
bawahnya hamzah (إ) jika berharakat
kasrah.
Hamzah al-qatha mesti tetap
dengan bentuknya jangan dirubah sekalipun diawali dengan huruf-huruf berikut :
1.
Alif
al-lam :
Aman
|
الْأَمْنُ :
|
keharmonisan
|
الأُلْفَةُ :
|
Kemuliaan
|
الإِكَرَامُ
:
|
2.
Lam al-qasm :
Demi
Allah saya (benar-benar) akan menyeru kepada syari’at
|
وَاللهِ لَأَدْعُوَنَّ
إِلَى الْمَشْرُوْعِ :
|
Saya
(benar-benar) akan menjelaskan berbagai kemanfa’atannya
|
لَأُبَيِّنَنَّ
فَوَائِدَهُ :
|
3.
Lam
al-jar :
Untuk
teman-temannya
|
لِأَصْدِقَائِهِ
:
|
Milik
bangsa Arab
|
لِأُمَّةِ الْعَرَبِ
:
|
4.
Ba al-jar :
Penyanyi
mendapatkan penghormatan dari pengunjung
|
ظَفِرَ الْمُغَنِّي
بِإِعْجَابِ الحَاضِرِيْنَ :
|
Dia
telah berhasil dengan nilai terbaik
|
فَازَ بِأَحْسَنِ
الْجَوَائِزُ :
|
5.
Kaf al-jar :
Teman-teman yang ikhlash seperti saudara
|
الأَصْدِقَاءُ
الْمُخْلِصُوْنَ كَإِخْوَةٍ :
|
Pelajar di kelas seperti keluarga
|
الطَلَبَةُ فِي
الْفَصْلِ كَأُسْرَةِ :
|
Dosen pembing-bing seperti ayah
|
رَبُّ مُعَلِّمٍ
كَأَبٍّ :
|
6.
Lam
al-ibtida yang masuk pada mubtada :
Saudaramulah
yang pertama
|
لَأَخُوْكَ أُوْلَى
:
|
Nasihat
dari mu telah cukup
|
لَإِشَارَةٌ مِنْكَ
تَكْفِي :
|
Keakraban
yang mendominasi para pekerja itu lebih baik daripada (harus) berpecah belah.
|
لَأُلْفَةٌ تَسُوْدُ
أَسَرَ العَامِلِيْنَ خَيْرٌ مِنْ خِلَافٍ وَشِقَاقٍ :
|
dan khabar :
Bahwasannya penjaga itu orang jujur
|
إِنَّ الْحَارِسَ لَأَمِيْنٌ :
|
Bahwasannya dia (memberikan) jawaban yang
meyakinkan
|
إِنَّهَا لَإِجَابَةٌ مُقْنِعَةٌ :
|
7.
Hamzah al-istifham :
Apakah
saya besok akan datang ?
|
أَأَحْضَرُغَدًا؟
:
|
8.
Huruf
al-istiqbal :
Saya akan hadir pada (acara) perpisahan teman saya
|
سَأَكُوْنُ فِي
وَدَاعِ صَدِيْقِي :
|
Saya akan selalu mengontaknya
|
سَأُرْسِلُ إِلَيْهِ
دَائِمًا :
|
9.
Fa dan waw :
Ahmad,
Ibrahim dan Usamah berbeda-beda
|
أَحْمَدُ وَإِبْرَاهِيْمُ
وَأُسَامَةُ مُخْتَلِفُوْنَ :
|
Ahmad
berbicara tapi tidak bekerja sedangkan Ibrahim bekerja tapi tidak berbicara
|
فَأَحْمَدُ يَقُوْلُ
وَلَا يَفْعَلُ وَإِبْرَاهِيْمُ يَفْعَلُ وَلَا يَقُوْلُ :
|
Usamah
berbicara sekaligus bekerja
|
وَأُسَامَةُ يَقُوْلُ
وَيَفْعَلُ :
|
10.
Lam at-ta’lil :
Supaya saya mendengar
|
لِأَسْمَعَ :
|
Supaya saya ikut
|
لِأُشَارِكَ
:
|
Pengecualian :
1.
Apabila
lam al-jar masuk pada أَنْ yang digabungkan kedalam لَا
maka hamzah al-qatha’ dihukumi hamzah al-mutawasithah contoh : لِئَلَا
hasil
|
La nafi
|
Harf an-nashb
|
Harf al-jar
|
= لِئَلَا
|
لَا
|
أَنْ +
|
لِ +
|
Agar tidak
|
tidak
|
agar
|
2.
Apabila
lam al-qasm masuk pada إِنْ asy-syartiyah maka ia dihukumi hamzah al-mutawasithah
contoh : لَئِنْ.
Hasil
|
In asy-syartiyah
|
lam al-qasm
|
= لَئِنْ
|
إِنْ
|
لَ +
|
Tentu saja jika
|
jika
|
pasti
|
3.
Apaliba
Hamzah istifham masuk pada hamzah qatha’ yang berbaris kasrah maka ia dihukumi
hamzah mutawasithah contoh : أَئِذَا
demikian juga yang berbaris dhamah. Contoh : أُؤُجِيْبُ.
hasil
|
Hamzah al-qatha’
|
Hamzah al-istifham
|
= أَئِذَا
|
إِذَا
|
أَ +
|
Apakah apabila ?
|
apabila
|
apakah
|
= أَؤُجِيْبُ
|
أُجِيْبُ
|
أَ +
|
Apakah saya
menjawab ?
|
Saya menjawab
|
apakah
|
Tempat-tempat hamzah al-qatha’ :
Di dalam isim :
Seluruh isim kecuali isim
yang telah disebut pada pembahasan hamzah al-washal.
Di dalam fi’il :
1.
Madhi
tsulasi al-mahmuz. Contoh :
makan
|
أَكَلَ :
|
Menolak
|
أَبَى :
|
percaya
|
أَمِنَ :
|
Datang
|
أَتَى :
|
mengungsi
|
أَوَى :
|
Tidak tidur
|
أَرِقَ :
|
menyesali
|
أَسِفَ :
|
2.
Madhi
ar-ruba’i. Contoh :
bergegas
|
أَسْرَعَ :
|
memperlihatkan
|
أَبْدَى :
|
memperpanjang
|
أَطَالَ :
|
melaksanakan
|
أَجْرَى :
|
mengumumkan
|
أَعْلَنَ :
|
Berbuat baik
|
أَحْسَنَ :
|
menyiapkan
|
أَعَدَّ :
|
Menakut-nakuti
|
أَخَافَ :
|
3.
Amr ar-ruba’i.
Contoh :
sempurnakanlah
|
أَكْمِلْ :
|
bergegaslah
|
أَسْرِعْ :
|
jatuhkanlah
|
أَلْقِ :
|
jawablah
|
أَجِبْ :
|
perlihatkanlah
|
أَبْدِ :
|
mulailah
|
أَوْقِدْ :
|
terimalah
|
أَقْبِلْ :
|
4.
Hamzah al-mudhara’ah. Contoh :
Saya pergi
|
أُسَافِرُ :
|
Saya menyukai
|
أَسْتَحْسِنُ
:
|
Saya menulis
|
أَكْتُبُ :
|
Saya memilih
|
أَخْتَارُ :
|
Di dalam huruf :
Seluruh hamzah di dalam huruf adalah hamzah al-qatha’
kecuali alif lam at-ta’rif.
0 komentar:
Posting Komentar